Kapan Bayar Hutang ?

thumbnail

Hutang kadang emang bikin gundah Bro, bukan cuma bagi si pengutang akan tetapi jua buat yang ngutangin. seringkali kali dibikin bingung sebab susah banget dapetin hak kita, apalagi yg ngutang artinya temen ato sodara sendiri.
jika nominal nya kecil sih kita ikhlasin, tapi kalau nominalnya lumayan sayang pula apalagi kalo kita lagi butuh banget.

tak jarang banget kita yg ngasih pinjem malah jadi kayak pengemis yang cuma dijanjiin mulu. Terus gimana caranya biar kita dapet hak kita? Simak tips ane ini dia.

MULAI menggunakan sindiran HALUS

yang pertama jika kita memalukan (baca kasian) buat nagih coba buat sindiran halus yg langsung mak jlebbb. misalnya : “hp baru nih, lagi poly duit kayanya ya, gue mah boro-boro buat beli hp baru untuk servis motor aja kaga terdapat” atau sebisa mungkin karang lah insinuasi yg tepat sesuai sikon nya. Cara ini bisa dipakai buat yang masih dalam taraf kasian tapi diri sendiri kevevet.

NGOMONG eksklusif + BUMBU DIKIT

dia masih gak peka sama insinuasi? Coba eksklusif to de poin deh, misal : “bro utang lu yg kemaren gimana, Mau bayar kapan? Duit gua udah abis nih besok belom terdapat untuk makan besok masa iya anak bini gua dikasih makan batu pinggir jalan”

untuk itu sebisa mungkin buat beliau mikir kalo kita lagi bener-bener kevevet butuh duit dan cuman dia yg diharepin (baca bayar utang) Ketegasan sangat diperlukan disini, izin beliau makin berpikir.

COBA MINTA TOLONG ORANG buat NGOMONG

Masudnya disini kita minta tolong orang buat ngomong ke dia kalo kita emang bener butuh uang contoh : “bro lu tau gak si A kemaren pinjem duit sama gua buat makan, pungkasnya udah bener bokek dia”
Nah denBro bantuan orang lain kali aja dia mau segera balikin duit yang dipinjem.

BILANG SAMA famili NYA

Coba bilang ke keluarBroya bila beliau punya utang yang nilainya lumayan. Berharap ada bantuan berasal famili pelaku. mampu aja bantuin bicara ama beliau, atau malah dapet Broti eksklusif sama keluarBroya, why not?? buat dapetin hak kita yg lumayan.

SEBUAH INTIMIDASI dan ANCAMAN

jikalau seluruh cara baik telah kita tempuh dan gak terdapat i’tikad baik dari beliau buat balikin hutang nya gak terdapat galat jikalau kita coba menggunakan sedikit intimidasi dan ancaman.
contoh : “bro kalo lu tetep gak mau bayar hutang, sorry barang lu gw sita” atau “bro, kalo lu gak mau bayar, sorry banget gua akan sebarin semua ke orang yg lu kenal biar gak ada lagi yang ketipu sama lu”
Keliatannya emang gak etis sih akan tetapi ya apa boleh buat, karena sebelumnya emang kita sudah berusaha berbicara baik-baik tapi tetap gak terdapat respons.

jikalau memang masih gak ada itikad baik asal si pengutang berarti terdapat someting wrong menggunakan dia. ialah tingkat ketebalan muka telah melebihi batas normal manusia umumnya.

sebaiknya kita lihat dulu denBro siapa kita menghutangi, liat pula rekam jejak dia di dunia perhutanBro. JanBro sampai niat kita membantu malah kita yg susah.

Akhir kata aku mohon maaf jika terdapat istilah yang keliru cuma opini sambil ngopi

Back To Top